Waduh, NU Karawang Terpecah Dua Kubu, Segera Dibentuk Pengurus Jamaah Kultural NU

KARAWANG, Jabartime.com – Meskipun Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Karawang masa bhakti periode 2022 – 2027 sudah dilantik, namun kisruh kepengurusan NU Karawang terus berlanjut.

Pasalnya Pengurus baru yang dipimpin Jenal Aripin, belum bisa menempati kantor NU di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat.

Namun sebaliknya pengurus yang lama, dibawah pimpinan Kiai Uyan beserta pendukungnya masih menempati kantor NU tersebut. Akibatnya, kegiatan PCNU NU seperti pengajian harus dilaksanakan di hotel.

Ketua PCNU Karawang, Jenal Aripin mengakui sejauh ini dia mengalah saja karena kegiatan pengajian itu bisa dilaksanakan dimana saja. “Kami tidak akan ngotot menempati kantor yang selama ini digunakan PCNU, karena itu bukan milik NU. Kami merencanakan membangun kantor NU yang baru,” kata Jenal Aripin, saat memberikan sambutan acara pengajian dihadapan Pengurus Majelis Wilayah Cabang (MWC) PCNU Karawang, Kamis (5/1/22).

Sementara itu Panglima Santri yang menjadi pendukung kepengurusan NU Kyai Uyan, Ahmad Zamaksyari mengatakan, kantor NU di jalan Dewi Sartika digunakan untuk pengajian jamaah kultural NU. Pasalnya pihak keluarga yang berwenang atas kantor tersebut tidak bersedia dijadikan kantor PCNU, pengurusan yang baru. “Mereka meminta mantan ketua NU kiai Uyan bersama pendukungnya tetap menempati kantor tersebut. Jadi ini permintaan keluarga, bukan karena keinginan kami,” kata Ahmad.

Menurut Ahmad, meski kiai Uyan sudah dilengserkan sebagai ketua PCNU Karawang, namun pendukungnya masih tetap solid. Kegiatan pengajian ataupun kegiatan sosial lainnya masih dilaksanakan secara berkala dikantor NU. “Kantor NU sekarang menjadi tempat kegiatan jamaah kultural NU, bukan untuk pengurus NU. Silahkan pengurus PCNU dengan kegiatannya sendiri. kegiatan kita jangan dihalangi,” katanya.

Ahmad mengatakan jamaah kultural NU akan segera dikukuhkan dengan dibentuknya Pengurus Jamaah Kultural NU Karawang. Pengukuhan dari PBNU itu akan dihadiri 10 ribu orang juga sejumlah tokoh nasional. “Kami sedang mempersiapkan kegiatan pengukuhan Pengurus Jamaah Kultural NU akhir bulan ini,” katanya.

Writer: Boby
Editor: Iqbal Maulana Bahtiar

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *