Sambut HUT Jabar, Tokopedia Hadirkan Hyperlocal Demi Perluas Pasar UMKM

BANDUNG, Jabartime.com – 14 tahun berdiri, Tokopedia terus berupaya untuk mempermudah pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM, memulai dan membangun bisnis lewat pemanfaatan teknologi. Tokopedia pun menghadirkan inisiatif Hyperlocal sebagai salah satu upaya untuk mendukung tumbuh kembang pelaku usaha lokal, termasuk di Jawa Barat.

“Dengan menerapkan teknologi geo-tagging, inisiatif Hyperlocal Tokopedia dapat mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada. Sehingga para pelaku usaha lokal termasuk di Jawa Barat dapat mengembangkan bisnis tanpa harus pindah ke kota besar.” ujar Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Rizky Juanita Azuz,

Read More

Dalam rangka hari ulang tahun ke-78 Provinsi Jawa Barat, Tokopedia ungkap beberapa temuan menarik terkait transaksi di Jawa Barat. Tokopedia mencatat kategori produk Rumah Tangga, Kesehatan, Makanan & Minuman, Otomotif, dan Handphone & Tablet menjadi kategori produk paling populer di Jawa Barat selama periode Semester I 2023.

Salah satu manifestasi inisiatif Hyperlocal, Kumpulan Tokopedia Pilihan (KTP) yang merupakan halaman kurasi produk UMKM setempat berdasarkan lokasi pengguna, juga turut menunjukkan pertumbuhan.

“Tokopedia mencatat terjadi kenaikan jumlah transaksi, penjual, dan pembeli yang mengikuti kampanye KTP di Jawa Barat dengan rata-rata kenaikan 2,5 kali lipat pada periode semester I 2023 dibandingkan periode sama 2022,” ucap Rizky.

Di sisi lain, menurut data internal Tokopedia, berbagai kampanye yang dihadirkan seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB), Home Living Salebration, Serbu Official Store, Tokopedia Garage, dan Tokopedia Tekno merupakan beberapa kampanye yang paling banyak diikuti oleh para pengguna Tokopedia di Jawa Barat selama semester I 2023.

Sedangkan transaksi Tokopedia NOW! (layanan pengiriman produk kebutuhan harian dengan jaminan sampai dalam 2 jam setelah pembelian berhasil diverifikasi) juga turut mengalami kenaikan.

“Transaksi Tokopedia Now! di Jawa Barat juga ikut mengalami peningkatan hampir 1,5 kali lipat selama semester I 2023 dibandingkan periode sama tahun lalu,” tambahnya.

Benihbunbun, Manfaatkan Kertas Bekas Jadi Bisnis Produk Daur Ulang Ramah Lingkungan Salah satu pemilik usaha Benihbunbun asal Kampung Areng, Lembang, Jawa Barat, Azifah An’amillah, mengaku memanfaatkan Tokopedia untuk menjangkau pasar lebih luas agar mampu memperkenalkan masyarakat terhadap produk kertas daur ulang yang dapat ditanam kembali sehingga tidak berakhir menjadi sampah.

Ide usaha ini muncul dari kegelisahan Azifah akan tumpukan sisa kertas skripsi yang saat itu menumpuk. Baginya, limbah kertas karya ilmiah miliknya memiliki sebuah cerita dan berpotensi menjadi lebih bernilai. Akhirnya, Azifah memutuskan untuk membuat limbah berkelanjutan dari campuran sisa kertas skripsi miliknya.

“Saat proses pengembangan produk ‘Kertas Benih’, kertas skripsi saya rendam hingga hancur seperti tekstur bubur. Kemudian dimasukan ke dalam cetakan lalu digabungkan dengan biji-bijian tumbuhan hias, biji buah hingga sayur-sayuran sehingga kertas daur ulang yang tidak digunakan dapat ditanam kembali dan beralih fungsi menjadi media tanam,” ujar Azifah.

Sejak eksperimen tersebut, Azifah mulai berani untuk berbisnis dan mulai berjualan ‘Kertas Benih’ sebagai souvenir, yang ternyata banyak diminati masyarakat. Agar bisnis berkelanjutan ini konsisten dalam mengurangi limbah, Azifah menerima donasi limbah kertas dari sekolah hingga beberapa perusahaan di sekitar Jawa Barat.

“Benihbunbun bukan hanya mengenalkan produk daur ulang ke masyarakat luas, tetapi juga sebagai edukasi botani kepada masyarakat dan upaya sosial untuk memberdayakan masyarakat khususnya ibu-ibu di sekitar Kampung Areng. Hingga saat ini sudah ada sekitar puluhan ibu-ibu yang ikut membantu produksi Benihbunbun,” tambah Azifah.

Dengan memanfaatkan berbagai momen besar di Indonesia seperti Idulfitri lalu, Benihbunbun berinovasi membuat amplop THR dan kertas ucapan dari kertas benih. Selain itu, ada juga produk pensil benih yang kemudian ditanam menjadi berbagai jenis tanaman serta magic egg dari kertas daur ulang yang berisi media tanam dan benih sehingga dapat mendukung aktivitas motorik anak-anak.

Benihbunbun pun bergabung menjadi Tokopedia Hijau, salah satu program Tokopedia yang bertujuan mengajak penjual mulai menerapkan prinsip ramah lingkungan sebagai upaya menciptakan ekosistem bisnis berkelanjutan.

“Sejak bergabung di program Tokopedia Hijau, Benihbunbun banyak mendapatkan pengetahuan tentang produk ramah lingkungan dan semakin memperhatikan kemasan yang digunakan, salah satunya dengan menggunakan kemasan reuse dari kardus grosiran toko. Kami juga memanfaatkan bubble wrap bekas belanja untuk mengemas salah satu produk terlaris kami, sabun lerak,” tambah Azifah.

Jelang Ulang Tahun Jabar, Transaksi Produk Digital dan Tokopedia Affiliate di Jawa Barat terus Meningkat. Lebih lanjut, Tokopedia juga mencatat Upgrade Internet & TV, E-Invoicing, Biaya Pendidikan, Roaming dan Angsuran Kredit sebagai beberapa produk digital dengan kenaikan transaksi tertinggi di Jawa Barat selama periode semester I 2023 dibandingkan semester I 2022 dengan rata-rata kenaikan transaksi sebesar hampir 3 kali lipat.

Tokopedia pun mencatat terjadi kenaikan transaksi Tokopedia Affiliate sebesar lebih dari 2 kali lipat selama periode semester I 2023 dibandingkan periode sama 2022. Pada periode yang sama, tercatat juga adanya kenaikan jumlah pembeli yang bertransaksi melalui Tokopedia Affiliate sebesar lebih dari 2,5 kali kali lipat.

“Tokopedia akan terus mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia demi mendorong UMKM lokal agar lebih mudah beradaptasi dengan perkembangan era digital dan bersama-sama berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional,” tutup Rizky.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *