Pengamanan KTT ASEAN ke 43, TNI-Polri Gelar Apel Tri Brata Jaya di Karawang

KARAWANG, Jabartime.com – Dalam rangka pengamanan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-43, Jajaran TNI-POLRI Kabupaten Karawang melakukan Apel Gelar Pasukan Operasi Tri Brata Jaya 2023 di Mapolres Karawang pada Jumat,(1/9/2023)

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Erwin Djatniko yang didampingi oleh Kapolda Jawa Barat (Jabar), Irjen Akhmad Wiyagus.

Read More

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Erwin Djatniko menyampaikan kepada selurub personel TNI-POLRI mampu berkerjasama dalam pengamanan penyelenggaraan KTT ASEAN Ke-43.

Sebab, para tamu yang hadir pada KTT ASEAN merupakan tamu VVIP sehingga perlu pengamanan khusus agar agenda tersebut dapat berlangsung dengan lancar.

“Semua adalah tamu-tamu negara yang akan hadir dan mereka semua adalah VVIP. Oleh karenanya, dalam pengamanan VVIP tidak ada geladi, Sekali gagal itu pasti akan memalukan Negara,” kata Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Erwin Djatniko, Jumat,(1/9/2023)

Lanjutnya, untuk pengamanan KTT ASEAN kali ini pihaknya baru mengerahkan 1 SSK dengan jumlah 120 personel TNI.

“Sementara kita kerahkan 1 SSK, kita juga menyiapkan satuan yang ada di wilayah Bogor di wilayah Tanggerang, termasuk juga SSK kami yang terlibat dalam penanganan kebakaran-kebakaran di wilayah Jawa Barat ,” katanya

Sementara itu, Kapolda Jawa Barat, Irjen Akhmad Wiyagus mengatakan jika apel ini merupakan bentuk kesiapsiagaan TNI-POLRI dalam melakukan pengamanan penyelenggaraan KTT ASEAN di Jakarta nanti. Oleh sebab itu, pengamanan ini sangat penting, ditambah lagi Kabupaten Karawang dekat dengan Ibu Kota.

“Ini menunjukkan bahwa kita siap-siaga untuk peningkat pengamanan di Ibu Kota karena kita tahu bahwa Karawang adalah salah satu kota di provinsi Jawa Barat yang terdekat di Ibu Kota,” kata Kapolda Jawa Barat, Irjen Akhmad Wiyagus

Tidak hanya itu, Ia juga mengatakan jika TNI-POLRI akan totalitas dalam melakukan pengamanan penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 mendatang.

“Tentunya kita bersama akan melakukan pengamanan dengan totalitas demi mensukseskan penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 di Jakarta nanti,” tandasnya

Diketahui, Pelaksana Konferensi Tingkat Tinggi ke-43 Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) tahun 2023 akan diselenggarakan pada 5-7 September 2023, di Jakarta Convention Center.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *