Ini Cara SMKN 1 Karawang Cegah penularan HIV dan Memutus Mata Rantai Narkotika di Sekolah

KARAWANG, JabarTime.com – Dalam upaya mencegah penularan HIV dan memutus mata rantai penggunaan narkotika di tingkat pelajar, SMKN 1 Karawang pastikan Siswanya sehat sejak awal mendaftar ke sekolah.

“Terkait pencegahan dan pemberantasan HIV dan Narkotika di sekolah, sejak awal masuk ke SMKN 1 Karawang, para siswa sudah dilakukan berbagai serangkaian tes fisik dan kesehatan,” kata Wakasek Kesiswaan SMKN 1 Karawang, Alia Maedina.

Melalui tes urine, pihak sekolah ingin memastikan pelajar di SMKN 1 Karawang benar-benar bebas dari penyalahgunaan narkoba.

“Kita juga memberikan pembekalan kepada pada murid-murid berupa sosialisasi langsung dari dinas yang bersangkutan,” katanya.

Bila ditemukan pelajar yang positif narkoba, pihak sekolah akan mengambil langkah sesuai aturan.

“Untuk yang terindikasi pengguna narkotika, kita serahkan ke BNNK untuk dibina. Jadi apabila ada siswa yang positif narkoba, tidak boleh dikeluarkan dari sekolah. Tapi diserahkan ke BNNK sampai anak tersebut bebas narkoba,” katanya.

Sedangkan bagi pelajar yang terdeteksi HIV, sekolah akan mendorong pelajar tersebut untuk berobat.

“Ya mungkin sama ya, tidak  dikeluarkan karena tidak menular, kecuali kondisi fisiknya yang tidak menentukan untuk sekolah, kita akan lakukan pembelajaran terpantau di rumahnya,” lanjutnya.

Writer: Iqbal Maulana Bahtiar
Editor: Frizky Wibisono

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *