Ungkapan Daerah yang Perlu Anda Tahu saat Berkunjung ke 7 Pulau Besar di Indonesia

0
318

Jabartime.com – Indonesia merupakan negara kepulauan dengan ragam suku di dalamnya, yang mana hampir setiap suku memiliki bahasanya sendiri. Mengetahui beberapa istilah umum dalam bahasa tiap suku relatif penting bagi kita agar bisa lebih akrab ketika berkunjung ke daerah mereka, baik untuk liburan, jalan-jalan, atau bahkan kunjungan kerja. Kira-kira seperti Presiden Amerika Serikat, Barack Obama yang ketika berkunjung ke Indonesia menjadi begitu akrab dan hangat ketika mengucapkan beberapa kata atau nama makanan khas Indonesia bukan dengan bahasa Inggris.

Nah, berikut ini beberapa ungkapan khas dalam bahasa daerah masing-masing yang patut Anda ingat jika bekunjung ke tujuh daerah besar di Indonesia berikut ini.

 

Sulawesi

Ketika mendarat di Sulawesi Selatan dan bertemu dengan orang-orang Bugis, Anda mungkin bisa menggunakan ungkapan-ungkapan, 1) Tabe, artinya adalah “permisi” yang patut Anda gunakan bukan hanya agar lebih akrab tapi begitu sopan di mata mereka, 2) Aga kareba, yang artinya “apa kabar”, 3) Untuk menjawabnya, Anda tinggal berkata, “kareba madeceng,” artinya “kabar saya baik”. Selanjutnya Anda bisa menggunakan bahasa Indonesia.

 

Madura

Di sebelah selatan saya Sulawesi, di situ ada pulau Madura. Kalau datang ke “Pulau Garam” itu, ada tiga ungkapan penting yang perlu Anda ketahui. Ketika Anda ingin mengucapkan terima kasih kepada penduduk asli sana, tinggal katakan, “sakalangkong.” Atau, jika Anda melihat dua orang Madura yang sedang nongkrong di jalan atau di manapun, lalu Anda ingin melewatinya, Anda tinggal katakan, “pangapora” yang berarti permisi.

 

Bali

Pulau ini terkenal dengan tempat-tempat wisatanya yang indah. Bahkan, di luar negeri, nama Bali lebih dikenal ketimbang Indonesia. Nah, kalau berkunjung ke pulau ini, ada delapan ungkapan penting yang penting Anda ketahui supaya mudah mendapatkan respect dari penduduk setempat. Apa saja itu? Rahajeng semeng (selamat pagi); rahajeng tengai (selamat siang); rahajeng sanje (selamat sore); rahajeng wengi (selamat malam); kenken kabare (apa kabar); becik-becik (baik-baik); matur suksma atau suksema (terima kasih).

 

Jawa

Jawa sebenarnya terbagi menjadi tiga provinsi: Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Namun di sini akan spesifik ke Jawa Timur dan Jawa Tengah, karena selanjutnya Jawa Barat memiliki bahasa khasnya sendiri, yakni Sunda yang juga akan dipaparkan. Kalau datang ke pulau Jawa, baik Jawa Timur maupun Jawa Tengah, ini dia ungkapan yang penting Anda ketahui. Matur nuwun (terima kasih), piye kabare (apa kabar), nuwun sewu (permisi, ketika melewati orang lain), kulo nuwun (permisi, ketika bertamu ke rumah seseorang), dan sugeng rawuh (selamat datang).

 

Sunda

Jawa Barat memiliki bahasanya sendiri, yakni bahasa Sunda. Bahasa ini memiliki karakter yang berbeda dengan bahasa Jawa. Kalau Anda datang ke daerah Pasundan, ada beberapa ungkapan yang penting untuk diketahui. Hatur nuhun (terima kasih), kumaha damang (apa kabar, baik?), punten (permisi), aya-aya wae (ada-ada aja), sampurasun (salam).

 

Medan

Begitu juga dengan Medan. Orang-orang Batak di sana memiliki ungkapan khusus juga sebagaimana daerah lain. Salah satu ungkapan yang paling terkenal adalah “horas”. Kata ini merupakan ungkapan “salam”. Selain itu ada juga yakni aha do kabar yang berarti “apa kabar”. Adapun kalau mau mengucapkan terima kasih, tinggal katakan, “mauliate godang”.

 

Aceh

Kalau datang ke “Serambi Makkah” ini, ungkapan-ungkapan yang bisa kita hafalkan adalah “peue haba” yang berarti “apa kabar.” Kalau mau bilang terima kasih, tinggal ucapkan “sabah” atau “teurimong gaseh” atau “teurimong geunaseh.” “Permisi” itu meu’ah atau kadang tetap “permisi”. Kalau mau tanya, “mau ke mana?”, bahasa Acehnya, “hai, ho neu jak?”.

 

Tentu, itu hanya sebagian kecil. Namun penting untuk diketahui dan digunakan sebagai bentuk keakraban dan penghargaan akan budaya setempat. Adapun selanjutnya, Anda tinggal menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan kita. Kalau ada istilah-istilah penting lain dari Anda yang merupakan suku aslinya, silahkan tulis di kolom komentar untuk berbagi dengan pembaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here