Rail Clinic, Tempat Pengobatan Unik Di Atas Kereta Api

0
395

PURWAKARTA, Jabartime.com – Banyak cara yang dapat di lakukan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat terutama dalam kesehatan. PT Kereta Api Indonesia Daop II Bandung menggelar pengobatan secara gratis untuk masyakarat, namun ada yang berbeda dari tempat pengobatannya. Sebuah kereta, yang di desain khusus dengan peralatan medis lengkap di jadikan tempat pengobatan untuk masyarakat.

“Dalam kereta ini terdapat fasilitas kesehatan yang bisa dikatakan sangat memadai untuk menunjang pemeriksaan kesehatan masyarakat,” ujar Cicah Ratisah Manager Kesehatan PT KAI Persero Daop II, Rabu Siang (11/04/2018).

Pihak PT Kereta Api Indonesia mendesain khusus untuk pelayanan kesehatan yang di lakukan di dalam gerbong kereta. Sedikitnya ada tujuh gerbong yang di gunakan yang di dalamnya terdapat pengobatan dokter umum, dokter gigi, katarak, laboratorium hingga ruang farmasi. Namun selain untuk pengobatan pihak PT KAI juga menyediakan ruang belajar untuk anak-anak seperti perpustakaan konvensional.

“Sekitar 300 warga Kecamatan Sukatani di undung untuk mengikuti pengobatan gratis. Buku-buku juga disediakan di kereta perpustakaan untuk warga yang gemar membaca”.Tambahnya.

Rail Clinic ini merupakan generasi ke empat setelah sebelumnya di luncurkan pada tahun 2016 lalu. Di generasi ke 4 ini di dan pengobatan ini akan di gelar dalam setahun empat kali dengan berbeda lokasi. Purwakarta merupakan tempat pertama di tahun ini di gelar pengobatan gratis menggunakan rail clinic dan rencananya akan di gelar kembali di stasiun kiaracondong.

“rail clinic ini di harapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan terutama dalam hal kesehatan. Baik di daerah terpencil maupun membantu untuk daerah yang terkena bencana alam hingga membutuhkan pertoongan medis, jelas Cicah.

Di tempat yang sama, Ibu Enok (67) warga Desa Malang Nengah, Kecamatan Sukatani bersyukur bisa berobat tanpa biaya. “Kalau bisa mah ada sebulan sekali, ema berharap bisa sembuh. Hatur nuhun buat PT KAI,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here