Kampung Tajur Cocok Jadi Basecamp Untuk Nikmati Keindahan Air Terjun, Danau dan Wisata Kebun

0
178

 PURWAKARTA, Jabartime.com РKawasan selatan Kabupaten Purwakarta tepatnya di Wanayasa hingga Bojong menawarkan wisata alam khas pegunungan. Apalagi, kawasan itu tepat berada di bawah kaki Gunung Burangrang.

Wisata alam berupa air terjun, wisata kebun, danau hingga wisata perkampung jadi opsi menyambangi kawasan itu. Butuh waktu lebih dari satu hari untuk mengekplorasi keindahan kawasan selatan Purwakarta.

Di tengah terbatasnya hunian homestay di wilayah itu, Kampung Tajur di Desa Pasanggrahan Kecamatan Bojong jadi pilihan.

Kampung wisata ini didirikan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi karena lokasinya sangat strategis untuk pengembangan wisata alam.

Apalagi, wisata pendakian ke puncak Gunung Burangrang.

“Di sela menjelajah Gunung Burangrang, bisa sempatkan menginap di Kampung Tajur. Posisinya tepat di bawah kaki Gunung Burangrang setinggi 2020 mdpl,” ujar Ayep (50), pengelola.

Rumah-rumah semi permanen berdiri di kampung itu dan siap disinggahi para pelancong yang khususnya, menginginkan keheningan dan kesejukkan alam pegunungan. Lokasi  Kampung Tajur sendiri memang tepat berada di kaki Gunung Burangrang.

Aktifitas ala perkampungan seperti pergi ke ladang, jelajah hutan, menggembala ternak hingga berbaur dengan kearifan lokal masyarakat pegunungan bisa dilakukan disini.

“Kalau mau, trekking ke puncak Gunung Burangrang juga bisa berangkat dari sini dengan dipandu warga sini. Karena jaraknya jauh, bisa menginap dan istirahat dulu di sini lalu menempuh 3-4 jam perjalanan ke puncak Gunung Burangrang. Setelah atau sebelum mendaki gunung, bisa ikut berbaur dengan warga di sini, ke sawah, ke ladang, ke hutan dan aktifitas perkampungan lainnya,” ujar Ayep.

Biaya menginap di Kampung Tajur yang dikelilingi pohon-pohon pinus ini sangat murah. Hanya Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu per orang.

“Menu makanan kampung warga sini siap menghidangkannya untuk para wisatawan,” ujar Ayep.

Untuk menuju Kampung Tajur ini sangat mudah. Terlebih jika Anda menggunakan akses Tol Cipularang, maka keluar di Gerbang Tol Jatiluhur.

Dari Gerbang Tol Jatiluhur, silahkan berkendara ke arah Wanayasa dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Sepanjang perjalanan, bisa ditemukan makanan khas Purwakarta Sate Maranggi.

Selain itu, berhubung saat ini sedang musim panen buah Manggis, itupun bisa ditemui di sepanjang perjalanan dari Gerbang Tol Jatiluhur menuju Bojong via Wanayasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here