Es Salju Bibit Adanya Es Krim

0
249

Jabartime.com – Es krim merupakan makanan beku yang paling banyak digemari di dunia. Namun bagaimana sejarah es krim ini bisa ditemukan? siapa penemu es krim? Artikel kali ini akan membahas mengenai penemu dari es krim dan sejarahnya. Sejarah Es Krim bisa diketahui mulai dari abad ke 2 SM, Alexander Agung sang penguasa ketika itu menikmati salju atau es yang dicampur dengan madu.

Di alkitab menyebutkan bahwa Nabi Sulaiman AS atau dikenal dengan king salomon sangat menyukai minuman es. Di zaman kekaisaran Romawi, Raja Nero Claudius Caesar (54-46 SM) sering menyuruh para prajuritnya pergi ke pegunungan bersalju mengambil es dan kemudian dicampur dengan buah atau dijadikan jus.

Seribu tahun setelahnya, Marco Polo yang dikenal sebagai penjelajah kembali ke Italia setelah penjelajahannya ke wilayah Timur. Ia membawa resep yang kemudian kita dengan nama Sorbet.

Sorbet hampir sama dengan es krim, namun sejarahnya ia terbuat dari salju. Sorbet merupakan makanan beku campuran dari buah, air dan gula bedanya ia tidak menggunakan krim dan susu seperti yang digunakan dalam membuat es krim.

Para sejarawan memperkirakan bahwa resep yang dibawa oleh Marco Polo ini kemudian berevolusi menjadi es krim tepatnya pada abad ke 16. Orang Inggris terlebih dahulu menemukan es krim dibanding orang Italia. ‘Cream Ice’ nama tersebut muncul di meja Charles I pada abad ke 17.

Perancis kemudian memperkenalkan makanan penutup berupa makanan beku yang mirip dengan es krim. Ini pertama kali diperkenalkan oleh Catherine de Medici pada tahun 1553 saat ia menjadi istri dari Henry II dari Perancis.

Baru pada tahun 1660 es krim tersedia untuk masyarakat umum. Procopio Sisilia memperkenalkan resep untuk mencampur susu, krim, mentega dan telur di Café Procope, kafe pertama di Paris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here