4 Genre Musik Ini Bisa Mempengaruhi Kerja Otak

0
352

Jabartime.com – Disadari atau nggak, hidup kita nggak bisa lepas dari musik. Melakukan kegiatan apapun baik sengaja atau nggak pasti mendengarkan musik. Makan di restoran, nonkrong di cafe, olahraga, bahkan sedang galau pun nggak lepas dari yang namanya musik. Betul?

Sebuah teori dari Allan P. Merriam, menyatakan kalau musik memiliki fungsi yang nggak terbatas dalam seluruh aspek kehidupan manusia di semua kebudayaan.

Ternyata musik juga bermanfaat untuk proses kerja otak dan detak jantung lho. Kita bakal tambah semangat, produktif, atau bahkan sedih banget kalau mendengarkan musik-musik tertentu. Kita juga pasti bakal dengerin musik yang sesuai sama mood yang sedang dirasakan. Seperti empat genre musik ini yang bisa dibutuhkan oleh otak kita. Apa saja?

 

Musik Klasik

Penelitian tahun 2007 oleh Stanford University School of Medicine, menemukan bahwa musik dari masa Baroq akhir, bisa mengubah bagian tertentu di otak, sehingga orang yang mendengarkannya bisa lebih fokus. Salah satunya musik klasik, yang bisa meningkatkan fungsi otak. Misalnya untuk meningkatkan konsentrasi belajar.

 

Musik R n B

Untuk sebagian orang, mendengarkan musik saat berolahraga bisa menjadikan kegitan tersebut terasa lebih ringan, semangat, dan kita lebih menikmati kegiatan olahraga ini. Apalagi kalau mendengarkan musik yang down beat seperti R n B, Rap, dan EDM. Hal tersebut bisa menambah semangat ketika berolahraga. Beat dari musik ini sesuai dengan detak jantung kita ketika sedang berolahraga.

 

Musik Pop

Bila kita sedang berpergian, pastinya nggak mau kedadaan di dalam mobil sepi ya. Selain memutar musik, kita mendengarkan radio. Penelitian di Australia menyimpulkan kalau kesunyian sebenarnya kurang ideal saat menyetir mobil karena bisa membuat pikiran kita melayang ke mana-mana. Mendengarkan musik dengan genre pop bisa meningkatkan rasa awas atau waspada sekaligus menjaga kecepatan kendaraan.

 

Musik Rock

Tahu nggak, kawan, Ritme musik yang menghentak bisa menjadi “obat” penyemangat kita di pagi hari. Menurut Daniel Levitin, seorang professor psikologi, katanya musik rock bisa memicu proses di otak yang disebut penyebaran aktivasi. Jadi nggak heran kalau pagi-pagi sudah dengerin musik rock, rasanya lebih semangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here